RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : V /1
Waktu :
3 X 35 menit (1 x pertemuan)
I. STANDAR KOMPETENSI
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia .
II. KOMPETENSI DASAR
Mendiskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang
III. INDIKATOR
·
Mengidentifikasi perlawanan rakyat terhadap Belanda di Jawa
Tengah, Maluku, Jawa Timur, Minangkabau, Kalimantan, Aceh, Bali, Makasar dan
Batak.
·
Menyebutkan nama tokoh besar pemimpin perlawanan rakyat Jawa
Tengah, Maluku, Jawa Timur, Minangkabau, Kalimantan, Aceh, Bali, Makasar dan
Batak terhadap Belanda.
·
Mengidentifikasi perlawanan rakyat terhadap Jepang di Aceh,
Jawa Barat, Kalimantan Barat, Cilacap, Jawa Timur.
·
Menyebutkan nama tokoh pemimpin perlawanan rakyat Aceh, Jawa
Barat, Kalimantan Barat, Cilacap, Jawa Timur terhadap Jepang.
·
Menyebutkan organisasi bentukan Jepang.
·
Menyebutkan nama kerja paksa Jepang dan barisan bentukan
Jepang.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Melalui diskusi siswa dapat menceritakan perkembangan agama
Hindu yang ada di Indonesia.
·
Melalui diskusi siswa dapat menceritakan perkembangan
kerajaan kerajaan yang bercorak Hindu
·
Melalui pengamatan gambar siswa dapat menyebutkan
macam-macam peninggalan sejarah yang bercorak Hindu
V. MATERI POKOK
Perlawanan rakyat Jawa Tengah dipimpin oleh Sultan Agung
pada tahun 1628 – 1629
VI. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
·
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Pengamatan
3. Diskusi
4. Penugasan
5. Tanya
jawab
·
Model pembelajaran
Cooperative
Learning : Model Jigsaw
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
I
Mengidentifikasi perlawanan rakyat terhadap Belanda di Jawa
Tengah, Maluku, Jawa
Timur, Minangkabau, Kalimantan, Aceh,
Bali, Makasar dan Batak.
Menyebutkan nama tokoh besar pemimpin perlawanan rakyat Jawa
Tengah, Maluku,
Jawa Timur, Minangkabau, Kalimantan,
Aceh, Bali, Makasar dan Batak terhadap
Belanda.
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Pendahuluan
a. Apersepsi
1) Melakukan tanya jawab yang mengarah pada
materi yang akan disampaikan
2) Apa yang menyebabkan munculnya perlawanan
bangsa Indonesia terhadap Belanda ?
b. Motivasi
Dengan mendengarkan sebuah cerita peristiwa yang
terjadi disekolah siswa mengambil hal yang positif dan
meneladani tokoh.
a. 3) Penyampaian Tujuan Pembelajaran
|
10 menit
|
Ceramah,
tanya
jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1) Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok 4
20
Kerja
65 | IPS KELAS 5
anak
2) Setiap siswa membaca buku sebab terjadinya
perlawanan di Daerah Jawa Tengah, Maluku, Jawa
Timur, Minangkabau, Kalimantan, Aceh, Bali,
Makasar dan Batak.
3) Siswa memperhatikan gambar satu persatu :
gambar Sultan Agung, Pangeran Diponegoro,
Patiimura, Imam Bonjol, Pangeran Antasari,
Panglima Polim, Cut Nya Dien, Teuku Cik Di Tiro,
Gusti Ktut Jelantik, Sultan Hasanuddin dan Raja
Sisingamangaraja XII
4) Setiap siswa dalam satu kelompok mengerjakan
satu soal :
a) Sebutkan dan jelaskan tokoh Pejuang yang
berasal dari Jawa Tengah dan Maluku
b) Sebutkan dan jelaskan tokoh Pejuang yang
berasal Jawa Timur dan Minangkabau,
c) Sebutkan dan jelaskan tokoh Pejuang yang
berasal Kalimantan dan Aceh
d) Sebutkan dan jelaskan tokoh Pejuang yang
berasal, Bali, Makasar dan Batak.
b. Elaborasi
1) Siswa dari kelompok lain yang mempunyai
tugas/soal yang sama (kelompok pakar) berkumpul
untuk mengkaji / menjawab soal yang sama.
2) Para siswa dalam kelompok pakar kembali ke
kelompok semula untuk menjelaskan dalam
kelompoknya tentang materi/jawaban soal yang
dipelajari
3) Penulisan hasil kerja kelompok
c. Konfirmasi
1) Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah
sudah dilakukan dengan benar. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan
dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
2) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
ü yang berkinerja baik
|
20 menit
40 menit
20 menit
|
Penugasan,
Diskusi
Penugasan
Penugasan,
Ceramah
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Refleksi
Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman
b. Uji kompetensi dengan memeriksa hasil kerja
kelompok / kinerja siswa
1) Sebutkan tokoh Pejuang yang berasal dari Jawa
Tengah dan Maluku
2) Sebutkan tokoh Pejuang yang berasal Jawa Timur
dan Minangkabau,
3) Sebutkan tokoh Pejuang yang berasal Kalimantan
dan Aceh
4) Sebutkan tokoh Pejuang yang berasal, Bali,
Makasar dan Batak.
c. Tindak lanjut
Guru memberi tugas pekerjaan rumah , tentang
membuat laporan mengenai tokoh- tokoh pejuang
nasional yang ada di Propinsi setempat dalam
10
menit
Penugasan
menghadapi Belanda
|
15 menit
|
Ceramah,
tanya
jawab,
penugasan
|
Pertemuan II
Ø Mengidentifikasi
perlawanan rakyat terhadap Jepang di Aceh, Jawa Barat, Kalimantan
Barat, Cilacap, Jawa Timur.
Ø Menyebutkan nama
tokoh pemimpin perlawanan rakyat Aceh, Jawa Barat, Kalimantan
Barat, Cilacap, Jawa Timur terhadap Jepang.
Ø Menyebutkan
organisasi bentukan Jepang.
Ø Menyebutkan nama
kerja paksa Jepang dan barisan bentukan Jepang
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
1) Melakukan tanya jawab yang mengarah pada
materi yang akan disampaikan
2) Apa yang menyebabkan munculnya perlawanan
bangsa Indonesia terhadap Jepang ?
b. Motivasi
Dengan mengidentifikasi perlawanan rakyat siswa
mengambil hal yang positif dan meneladani tokoh.
c. Penyampaian Tujuan Pembelajaran
|
10 menit
|
Ceramah,
tanya
jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ekplorasi
1) Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok 4
anak
2) Setiap siswa membaca buku:
a) sebab terjadinya sebab timbulnya perlawanan
dan nama pemimpin di Daerah Aceh, Jawa
Barat, Kalimantan Barat, Cilacap, dan Blitar
Jawa Timur terhadap Jepang.
b) Organisasi-organisasi bentukan Jepang
c) Nama kerja paksa pada masa penjajahan Jepang
dan barisan bentukan
d) Setiap siswa dalam satu kelompok mengerjakan
satu soal :
1) Jelaskan sebab timbulnya perlawanan di Daerah
Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Cilacap,
dan Blitar Jawa Timur terhadap Jepang!
2) Sebutkan nama pemimpin di Daerah Aceh,
Jawa Barat, Kalimantan Barat, Cilacap, dan
Blitar Jawa Timur terhadap perlawanan Jepang!
3) Sebutkan organisasi-organisasi bentukan
Jepang!
4) Jelaskan nama kerja paksa pada masa
penjajahan Jepang dan barisan bentukan
Jepang!
b. Elaborasi
1) Siswa dari kelompok lain yang mempunyai
tugas/soal yang sama (kelompok pakar) berkumpul
untuk mengkaji / menjawab soal yang sama.
2) Para siswa dalam kelompok pakar kembali ke
kelompok semula untuk menjelaskan dalam
kelompoknya tentang materi/jawaban soal yang
dipelajari
20
menit
20
menit
Kerja
kelompok
Penugasan
67 | IPS KELAS 5
3) Penulisan hasil kerja kelompok
c. Konfirmasi
1) Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah
sudah dilakukan dengan benar. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan
dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
2) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
ü yang berkinerja baik
|
20 menit
40 menit
20 menit
|
Penugasan,
Diskusi
Penugasan
Penugasan,
Ceramah
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup
a. Refleksi
Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman
b. Uji kompetensi dengan memeriksa hasil kerja
kelompok / kinerja siswa
1) Jelaskan sebab timbulnya perlawanan di Daerah
Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Cilacap, dan
Blitar Jawa Timur terhadap Jepang!
2) Sebutkan nama pemimpin di Daerah Aceh, Jawa
Barat, Kalimantan Barat, Cilacap, dan Blitar Jawa
Timur terhadap perlawanan Jepang!
3) Sebutkan organisasi-organisasi bentukan Jepang!
4) Jelaskan nama kerja paksa pada masa penjajahan
Jepang dan barisan bentukan Jepang!
c. Tindak lanjut
Guru memberi tugas pekerjaan rumah , tentang
membuat Laporan mengenai tokoh- tokoh pejuang
nasional yang ada di Propinsi setempat dalam
menghadapi Jepang
|
15 menit
|
Ceramah,
tanya
jawab,
penugasan
|
VIII. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.
ALAT DAN BAHAN
1. Gambar Sultan Agung
2. Pangeran Diponegoro
3. Gambar Patiimura
4. Gambar Imam Bonjol
5. Gambar Pangeran Antasari
6. Gambar Panglima Polim
7. Gambar Cut Nya Dien
8. Gambar Teuku Cik Di Tiro
9. Gambar Gusti Ktut Jelantik
10. Gambar Sultan Hasanuddin
11. Gambar Raja Sisingamangaraja XII
B.
SUMBER BELAJAR
1. Silabus kelas V
2. Buku IPS Kelas V Penerbit Yudhistira
hal 87 - 94
3. Buku IPS Kelas V Penerbit Intimedia
hal 133 – 149
4. Buku IPS Kelas V Penerbit Erlangga
hal 109 – 127
VII.
PENILAIAN
Setiap
butir soal yang dijawab benar diberi skor 1 jika salah diberi skor 0
Skor
maksimal 10
Nilai
akhir adalah jumlah skor yang diperoleh dikalikan 10
0 comments:
Post a Comment