Selasa, 20 Maret 2012

Unsur-unsur pendidikan

Unsur-unsur pendidikan




a.      Peserta didik 

           Peserta didik adalah anak didik yang sedang tumbuh dan berkembang, sudah seharusnya mereka mendapatkan pendidikan yang layak untuk mendukung tumbuh kembang mereka yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.Dalam hal ini sangat diperlukan bagaimana peran guru dalam mendidik anak didiknya agar tujuan pen didikan tercapai dengan baik. Setiap guru mempunyai metode yang berbeda dalam menyampaikan pendidikan kepada peserta didiknya.
Metode yang digunakan oleh guru di TK Al-Huda untuk mengembangkan potensi anak didiknya yaitu dengan pendekatan dan member i  pengarahan serta  pengantar sebelum memulai pelajaran,  selain itu guru juga mengajarkan sesuatu kepada anak  didik dengan menyanyi  agar anak lebih cepat paham dan mengerti .
  Di dalam TK Al-Huda anak didiknya mempunyai berbagai macam karakteristik,maka dalam menghadapi anak didik yang agak sulit untuk diatur guru harus lebih sabar agar anak tersebut dapat mengikuti perintah guru,guru juga harus memberi pengarahan kepada anak tersebut agar anak dapat mengerti dan paham.
Sedangkan untuk menghadapi anak didik yang aktif dan berprestasi guru memberikan apresiasi dan penghargaan agar anak tersebut menjadi lebih aktif dan dapat memicu teman yang lainya agar lebih aktif dan  semangat.   
           Di TK Al-Huda juga terdapat anak didik yang sulit untuk berinteraksi dangan temanya,untuk mengatasi hal tersebut guru harus bertindak dan mengajarkan anak didik untuk berinteraksi dangan teman-temanya misalnya dengan mengenalkan permainan yang mengharuskan anak didik untuk berkelompok dengan temanya selain itu guru juga dapat menemani anak tersebut dalam bermain dan setelah itu anak dapat ditinggal setelah anak tersebut diberi pengarahan dan penjelasan.

b.      Pendidik

          Pendidik adalah orang yang membantu perkembangan kepribadian anak didik dan mengarahkannya pada tujuan pendidikan. Guru-guru mempunyai cita-cita untuk aanak didiknya yaitu “Mencerdaskan anak didiknya dan mengajarkan nilai-nilai moral yang baik”.
          Pendidik yang baik harus bias melaksanakan tugasnya berdasarkan UUD 1945 yaitu “mencerdaskan bangsa”, guru di TK Al-Huda menerapkannya dengan memberikan pengajaran yang baik , penuh kasih sayang , memberikan pendidikan dengan ilmu yang bermanfaat . selain itu guru-guru juga harus bisa menanamkan nilai-nilai moral dan agama dengan baik.
           Jika ditanya tentang kriteria pendidik yang baik salah satu gurunya menjawab bahwa kriteria pedidik yang baik di TK Al-Huda sudah cukup memenuhi dalam taraf  standar jumlah pendidiknya pun sudah cukup memenuhi, ada 5 jumlah pendidik yaitu 1 kepala guru dan 4 guru ekstra .

c.       Alat Peraga

          Untuk mendukung kegiatan pembelajaran  para anak didik diperlukan alat peraga untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran harus ditunjukkan bendanya yang nyata , sehingga mereka mengerti apa maksud dari yang disampaikan oleh gurunya. Di TK Al-Huda alat peraga yang terdapat dikelas antara lain : gambar hewan ,gamabr alat trasportasi ,gambar pakaian adat daerah , dan berbagai macam gambar lainnya , di dalam kelas juga dipasang hasil-hasil kerajinan siswa sebagai hiasan kelas dan mereka juga dapat melihat hasil karya mereka . Alat peraga biasannya digunakan dalam pelajaran untuk menjelaskan bentuk-bentuk hewan /sesuatu serta manjelaskan fungsi-fungsi apa saja yang terdapat dalam suatu benda tersebut dan menurut kami alat-alat peraga yang terdapat di TK tersebut sudah cukup memenuhi walaupun masih ada kekurangan dan seharusnya pihak sekolah dapat memenuhi kekerangan-tersebut. Permainan-permainan yang terdapat di TK tersebut juga sudah cukup memenuhi diantaranya yaitu : perosotan, ayunan , jungkat-jungkit ,dan lain-lain.

Landasan Filosofis

a.                       Filsafat pendidikan nasional Indonesia berakar pada nilai-nilai budaya yang terkandung pada pancasila. Nilai pancasila tersebut harus ditanamkan pada peserta didik melalui penyelenggaraan pendidikan nasional dalam semua level dan jenis pandidikan. Misalnya nilai pancasila itu ditanamkan melalui upacara setiap hari senin secara rutin dalam upacara tersebut salah satu ditujuk sebagai pemimpin untuk melatih mental anak didik , selain itu sebelum pelajaran  dimulai anak didik juga dibiasakan membaca do’a bersama . cara menanamkan nilai-nilai pancasila itu adalah dengan cara member pengarahan dengan jelas kepada murid yang belum mengetahui agar mereka dapat mengetahui nilai-nilai pancasila sejak dini,selain itu bertujuan agar anak didik dapat menghargai dan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.DEngan hal itu maka pendidik harus lebih sabar dalam menasehati dan memberi pengertian kepada anak didiknya.

b.       Landasan Sosiologis
      Lembaga pendidikan harus memberdayakan bersama dengan lembaga social lainnya. Dalam hal ini pendidikan disejajarkan dengan lembaga ekonomi, politik sebagai pranata kemasyarakatan,  pebudayaan masyarakat belajar (society learning ) harus dijadikan sarana rekonstruksi sosial. Orang tua yang menyekolahakn anak mereka di TK  Al-Huda Mempunyai keinginan agar anak mereka menjadi pintar , agar kalau besar nanti menjadi anak yang mandiri, pandai , dan menjadi ank yang berguna untuk orang tua, bangsa, Negara dan juga agama. Dalam landasan sosiologis guru-guru yang mengajar di TK mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam membangun masyarakat belajar. Disini peran masyarakat dalam pendidikan itu antara lain adanya PKK dan POSYANDU .
Peran masyarakat itu sangat membantu anak-anak dalam proses pendidikan.

c .   Landasan Yuridis
        Sebagai penyelenggara pendidikan nasional yang utama, perlu pelaksanaannya berdasarkan pada perundangan sehingga bangunan pendidikan nasional syah menurut undang-undang. Hal ini sangat penting karena hakekatnya pendidikan nasional adalah perwujudan dari kehendak UUD 1945 utamanya pasal 31. Pentingnya undang-undang sebagai tumpuan bangunan pemdidikan nasional disamping untuk menunjukkan bahwa pendidikan sangat penting sebagai penjamin kelangsungan hidup bangsa Indonesia, juga dapat dipedomani bagi penyelenggaraan pendidikan secara utuh yang berlaku untuk seluruh tanah air. Dari hasil pengamatan kami di TK Al-Huda sudah cukup sesuai dengan syarat pembangunan yang telah tercantum dalam undang-undang pasal 31. Salah satu contohnya yaitu dengan adanya kamar mandi,tersedianya kantin dan mushola untuk beribadah dan juga ruang kelas yang cukup baik. Upaya sekolah untuk membangun sekolah yang sesuai dengan landasan yuridis adalah dengan berupaya membangun sarana dan prasarana di TK tersebut untuk murid-murid.
    Di TK Al-Huda ini ibu guru mengajarkan cara anak untuk membentuk kepribadian mereka, yaitu dengan cara mengajarkan hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk mereka sendiri dan orang lain. Karena hal-hal yang tidak bermanfaat sangat percuma dan disayangkan apabila anak tersebut melakukannya selain itu hal-hal yang tidak bermanfaat juga dapat merugikan mereka sendiri apabila mereka melakukannya.
Maka ibu guru mengajarkan kedisiplinan kepada anak didik agar tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. 



0 komentar:

Poskan Komentar