a. Peserta
didik
Peserta
didik adalah anak didik yang sedang tumbuh dan berkembang, sudah seharusnya
mereka mendapatkan pendidikan yang layak untuk mendukung tumbuh kembang mereka
yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.Dalam hal ini sangat diperlukan
bagaimana peran guru dalam mendidik anak didiknya agar tujuan pen didikan
tercapai dengan baik. Setiap guru mempunyai metode yang berbeda dalam
menyampaikan pendidikan kepada peserta didiknya.
Metode yang digunakan oleh guru di TK Al-Huda untuk mengembangkan potensi anak didiknya yaitu dengan pendekatan dan member i pengarahan serta pengantar sebelum memulai pelajaran, selain itu guru juga mengajarkan sesuatu kepada anak didik dengan menyanyi agar anak lebih cepat paham dan mengerti .
Metode yang digunakan oleh guru di TK Al-Huda untuk mengembangkan potensi anak didiknya yaitu dengan pendekatan dan member i pengarahan serta pengantar sebelum memulai pelajaran, selain itu guru juga mengajarkan sesuatu kepada anak didik dengan menyanyi agar anak lebih cepat paham dan mengerti .
Di dalam TK
Al-Huda anak didiknya mempunyai berbagai macam karakteristik,maka dalam
menghadapi anak didik yang agak sulit untuk diatur guru harus lebih sabar agar
anak tersebut dapat mengikuti perintah guru,guru juga harus memberi pengarahan
kepada anak tersebut agar anak dapat mengerti dan paham.
Sedangkan
untuk menghadapi anak didik yang aktif dan berprestasi guru memberikan
apresiasi dan penghargaan agar anak tersebut menjadi lebih aktif dan dapat
memicu teman yang lainya agar lebih aktif dan
semangat.
Di TK
Al-Huda juga terdapat anak didik yang sulit untuk berinteraksi dangan
temanya,untuk mengatasi hal tersebut guru harus bertindak dan mengajarkan anak
didik untuk berinteraksi dangan teman-temanya misalnya dengan mengenalkan
permainan yang mengharuskan anak didik untuk berkelompok dengan temanya selain
itu guru juga dapat menemani anak tersebut dalam bermain dan setelah itu anak
dapat ditinggal setelah anak tersebut diberi pengarahan dan penjelasan.
b. Pendidik
Pendidik
adalah orang yang membantu perkembangan kepribadian anak didik dan
mengarahkannya pada tujuan pendidikan. Guru-guru mempunyai cita-cita untuk
aanak didiknya yaitu “Mencerdaskan anak didiknya dan mengajarkan nilai-nilai
moral yang baik”.
Pendidik
yang baik harus bias melaksanakan tugasnya berdasarkan UUD 1945 yaitu
“mencerdaskan bangsa”, guru di TK Al-Huda menerapkannya dengan memberikan
pengajaran yang baik , penuh kasih sayang , memberikan pendidikan dengan ilmu
yang bermanfaat . selain itu guru-guru juga harus bisa menanamkan nilai-nilai
moral dan agama dengan baik.
Jika ditanya
tentang kriteria pendidik yang baik salah satu gurunya menjawab bahwa kriteria
pedidik yang baik di TK Al-Huda sudah cukup memenuhi dalam taraf standar jumlah pendidiknya pun sudah cukup
memenuhi, ada 5 jumlah pendidik yaitu 1 kepala guru dan 4 guru ekstra .
c. Alat Peraga
Untuk
mendukung kegiatan pembelajaran para
anak didik diperlukan alat peraga untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran
harus ditunjukkan bendanya yang nyata , sehingga mereka mengerti apa maksud
dari yang disampaikan oleh gurunya. Di TK Al-Huda alat peraga yang terdapat
dikelas antara lain : gambar hewan ,gamabr alat trasportasi ,gambar pakaian
adat daerah , dan berbagai macam gambar lainnya , di dalam kelas juga dipasang
hasil-hasil kerajinan siswa sebagai hiasan kelas dan mereka juga dapat melihat
hasil karya mereka . Alat peraga biasannya digunakan dalam pelajaran untuk
menjelaskan bentuk-bentuk hewan /sesuatu serta manjelaskan fungsi-fungsi apa
saja yang terdapat dalam suatu benda tersebut dan menurut kami alat-alat peraga
yang terdapat di TK tersebut sudah cukup memenuhi walaupun masih ada kekurangan
dan seharusnya pihak sekolah dapat memenuhi kekerangan-tersebut.
Permainan-permainan yang terdapat di TK tersebut juga sudah cukup memenuhi
diantaranya yaitu : perosotan, ayunan , jungkat-jungkit ,dan lain-lain.
Landasan Filosofis
a. Filsafat
pendidikan nasional Indonesia berakar pada nilai-nilai budaya yang terkandung
pada pancasila. Nilai pancasila tersebut harus ditanamkan pada peserta didik
melalui penyelenggaraan pendidikan nasional dalam semua level dan jenis
pandidikan. Misalnya nilai pancasila itu ditanamkan melalui upacara setiap hari
senin secara rutin dalam upacara tersebut salah satu ditujuk sebagai pemimpin
untuk melatih mental anak didik , selain itu sebelum pelajaran dimulai anak didik juga dibiasakan membaca
do’a bersama . cara menanamkan nilai-nilai pancasila itu adalah dengan cara
member pengarahan dengan jelas kepada murid yang belum mengetahui agar mereka
dapat mengetahui nilai-nilai pancasila sejak dini,selain itu bertujuan agar
anak didik dapat menghargai dan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.DEngan hal itu maka pendidik harus lebih sabar dalam
menasehati dan memberi pengertian kepada anak didiknya.
b.
Landasan Sosiologis
Lembaga
pendidikan harus memberdayakan bersama dengan lembaga social lainnya. Dalam hal
ini pendidikan disejajarkan dengan lembaga ekonomi, politik sebagai pranata
kemasyarakatan, pebudayaan masyarakat belajar
(society learning ) harus dijadikan sarana rekonstruksi sosial. Orang tua yang
menyekolahakn anak mereka di TK Al-Huda
Mempunyai keinginan agar anak mereka menjadi pintar , agar kalau besar nanti
menjadi anak yang mandiri, pandai , dan menjadi ank yang berguna untuk orang
tua, bangsa, Negara dan juga agama. Dalam landasan sosiologis guru-guru yang
mengajar di TK mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam membangun
masyarakat belajar. Disini peran masyarakat dalam pendidikan itu antara lain adanya
PKK dan POSYANDU .
Peran
masyarakat itu sangat membantu anak-anak dalam proses pendidikan.
c
. Landasan
Yuridis
Sebagai penyelenggara pendidikan
nasional yang utama, perlu pelaksanaannya berdasarkan pada perundangan sehingga
bangunan pendidikan nasional syah menurut undang-undang. Hal ini sangat penting
karena hakekatnya pendidikan nasional adalah perwujudan dari kehendak UUD 1945
utamanya pasal 31. Pentingnya undang-undang sebagai tumpuan bangunan pemdidikan
nasional disamping untuk menunjukkan bahwa pendidikan sangat penting sebagai
penjamin kelangsungan hidup bangsa Indonesia, juga dapat dipedomani bagi
penyelenggaraan pendidikan secara utuh yang berlaku untuk seluruh tanah air.
Dari hasil pengamatan kami di TK Al-Huda sudah cukup sesuai dengan syarat
pembangunan yang telah tercantum dalam undang-undang pasal 31. Salah satu
contohnya yaitu dengan adanya kamar mandi,tersedianya kantin dan mushola untuk
beribadah dan juga ruang kelas yang cukup baik. Upaya sekolah untuk membangun
sekolah yang sesuai dengan landasan yuridis adalah dengan berupaya membangun
sarana dan prasarana di TK tersebut untuk murid-murid.
Di
TK Al-Huda ini ibu guru mengajarkan cara anak untuk membentuk kepribadian
mereka, yaitu dengan cara mengajarkan hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk
mereka sendiri dan orang lain. Karena hal-hal yang tidak bermanfaat sangat
percuma dan disayangkan apabila anak tersebut melakukannya selain itu hal-hal
yang tidak bermanfaat juga dapat merugikan mereka sendiri apabila mereka melakukannya.
Maka
ibu guru mengajarkan kedisiplinan kepada anak didik agar tidak melakukan
hal-hal yang tidak bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment