Monday 29 October 2012

GUI PADA WEBSITE KOMPAS.COM



        Kompas.com adalah website yang berisi tentang konten-konten Berita dan juga dunia sepak bola, pada dasarnya website ini sama seperti website lainnya yaitu ada menu, banner, postingan, video, slide dan masih banyak lagi. Isi dari web kompas tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan user. Penyajian informasi sudah jelas dan lengkap dengan berita yang terupdate dari berita nasional hingga internasional dalam berbagi bidang politik, olahraga, bisnis dan keuangan, pengetahuan, dll. Memudahkan user dalam memperoleh informasi yang akurat sesuai dengan keinginan user. Berita-berita yang disajikan oleh web kompas selalu ter-up-date. Hal ini juga dapat dilihat dari terteranya hari,tanggal, bulan, tahun, dan jam pada masing-masing berita yang disajikan.
       Tampilan web yang menarik sehingga dapat menimbulkan minat para pembaca untuk membuka web tersebut. Perancang web ini sudah memberikan konsep yang baik. Sesuai dengan tujuannya yakni untuk memberikan informasi dan berita yang nyata, akurat dan up to date. Semua komponen yang terdapat di dalam web ini sudah cukup jelas bagi user karena menu yang disajikan sudah membuat para pembaca web ini dapat mengerti isi dari berita yang di sampaikan. Dengan tampilan halaman web tersebut, setiap user dapat mengakses menu apapun dengan ukuran dan menu yang tidak berubah/konsisten. Setiap warna dari background selalu sama. Sehingga membuat user tidak bingung mencari menu pada setiap halaman yang berbeda. pada web kompas, jenis huruf, ukuran dan warnanya standar. Tetapi pembaca atau user dapat membaca dengan jelas isi dari berita tersebut.
     Sudah dikelompokkan sesuai dengan topiknya masing-masing. Sehingga memudahkan user dalam mencari suatu berita dan memberikan pembaca struktur tampilan yang jelas. Jadi tidak usah bingung-bingung lagi. Pada web ini hanya rata kiri saja pembaca atau user dapat melihat dan membaca web tersebut dengan jelas karena isi web tersebut sudah berisikan berita dan informasi yang lengkap dan up to date. Navigasi pada web ini dibuat selengkap mungkin guna memudahkan user dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Pada web ini navigasinya juga konsisten untuk setiap halaman web. Pada halaman utama, kita sebut index memuat menu-menu pokok yang bersifat umum sehingga pengunjung bisa langsung masuk ke halaman yang dimaksud.

0 comments:

Post a Comment